PAN adalah dewa dari gembala dan ternak, dari gunung belantara, berburu dan musik pedesaan. Dia berjalan bukit-bukit dan pegunungan Arkadia bermain nya pan-pipa dan mengejar Nymphs . Kehadiran yang tak terlihat itu terangsang perasaan panik pada pria melewati remote, tempat-tempat sepi dari alam liar.
Dewa adalah pecinta nimfa, yang umumnya melarikan diri dari uang muka. Syrinx berlari dan berubah menjadi rumpun buluh, dari mana dewa dibuat terkenal pan-pipa. Pitys melarikan diri dan berubah menjadi cemara gunung, dewa sakral pohon. Ekho menolak kemajuan dan memudar tertinggal hanya suaranya untuk mengulang selamanya tangisan gunung dewa.
Pan digambarkan sebagai seorang pria dengan tanduk, kaki dan ekor kambing, dan dengan jenggot tebal, hidung pesek dan telinga runcing. Ia sering muncul dalam rombongan Dionysos bersama para dewa pedesaan lainnya. Yunani di zaman klasik terkait namanya dengan pan kata yang berarti "semua". Namun, asal-usul sebenarnya terletak pada kata Arkadian tua untuk pedesaan.
Pan sering diidentifikasi dengan dewa pedesaan serupa lainnya seperti Aristaios , gembala-dewa Yunani utara, yang seperti Pan berjudul baik Agreus (pemburu) dan Nomios (gembala), serta dengan pipa-bermain Frigia satir Marsyas , dan Aigipan , dewa kambing-ikan konstelasi Capricorn. Terkadang Pan dikalikan ke sejumlah Panes , atau triad bernama Agreus , Nomios , dan Phorbas.
PAN (Pan), dewa besar kambing domba dan gembala antara rakyat Yunani, namanya mungkin berhubungan dengan kata kerja PAO. Lat. Pasco, sehingga nama dan karakter yang sempurna sesuai dengan satu sama lain. Spekulasi kemudian, yang menurut Pan sama ke dalam panci, atau alam semesta, dan dewa simbol alam semesta, tidak dapat dipertimbangkan di sini. Dia digambarkan sebagai putra Hermes oleh putri Dryops (Hom. Hymn vii 34..), Oleh Callisto (Schol. ad Theocr i 3..), Oleh Oeneis atau Thymbris (Apollod. i 4 § 1..; .. schol ad Theocrit lc), atau sebagai putra Hermes oleh Penelope, yang dewa dikunjungi dalam bentuk seekor domba jantan (Herod. ii 145,.. schol ad Theocrit i 123;.... Serv iklan Aen ii. 43), atau Penelope oleh Odysseus, atau oleh semua pelamar yang sama. (. Serv. ad Virg Georg i 16,.. Schol iklan Lycoph 766,...... Schol ad Theocrit i 3) Beberapa lagi memanggilnya anak Aether dan Oeneis, atau Nereid, atau putra Uranus dan Ge. (Schol. ad Theocrit i 123;.... Ad Lycoph lc schol) Dari nya menjadi cucu atau cicit dari Cronos, ia disebut Kronios. (Eurip. Rhes. 36.) Dia sejak lahir dengan sempurna dikembangkan, dan memiliki penampilan yang sama seperti setelah itu, yaitu, ia memiliki tanduknya, jenggot, hidung keping, ekor, kaki kambing, dan ditutupi dengan rambut, sehingga bahwa ibunya lari dengan ketakutan saat melihatnya, tetapi Hermes membawanya ke Olympus, di mana semua (pantes) para dewa senang dengan dia, dan terutama Dionysus. (. Hom. Hymn vii 36, & c;...... Comp Sil Ital xiii 332,... Lucian, deor Dial 22) Ia dibesarkan oleh nimfa. (Viii Paus.. 30. § 2.)
Kursi utama ibadah nya Arcadia dan dari situ namanya dan ibadahnya kemudian tersebar di bagian lain dari Yunani, dan di Athena ibadahnya adalah tidak diperkenalkan sampai saat pertempuran Marathon. (Viii Paus. 26 § 2;..... Virg Eclog x 26,.. Pind Frag 63, ed Boeckh,..... Herodes ii 145) Dalam Arcadia ia adalah dewa hutan, padang rumput, ternak, dan gembala, dan diam di gua-gua (Eurip. Ion, 501,... Ov Met xiv 515), berjalan di puncak gunung dan batu, dan di lembah, baik menghibur diri dengan mengejar, atau memimpin tarian dari nimfa. (Aeschyl. Pers 448,.... Hom Hymn vii 6, 13, 20,.... Paus viii 42 § 2) Sebagai dewa ternak, baik dari hewan liar dan jinak, itu provinsinya untuk meningkatkan mereka dan menjaga mereka (Hom. Hymn vii 5;... Paus viii 38 § 8;.. Ov Cepat ii 271, 277,...... Virg Eclog i 33), tetapi ia juga seorang pemburu, dan pemburu berutang mereka Keberhasilan dia, yang pada saat yang sama mungkin mencegah mereka menjadi sukses. (Hesych. sv Agreus.) Dalam pemburu Arcadia digunakan untuk momok patung, jika mereka diburu sia-sia (Theocrit. vii 107.), Selama panas pertengahan hari ia gunakan untuk tidur, dan sangat marah ketika satu pun mengganggunya. (Theocrit. i. 16.) Sebagai dewa ternak, lebah juga berada di bawah perlindungan-Nya, serta pantai di mana nelayan dibawa mengejar mereka. (Theocrit. ay 15;..... Anthol Palat vi 239, x 10) Sebagai dewa dari setiap hal yang berhubungan dengan kehidupan pastoral, ia menyukai musik, dan penemu syrinx atau seruling gembala, yang dia sendiri dimainkan secara mengagumkan, dan di mana ia memerintahkan orang lain juga, seperti Daphnis. Virg iklan Serv Eclog ay 20;. (Hom. Hymn vii 15;. Theocrit i 3;..... Anthol Palat ix 237, x 11,.. Virg Eclog i 32, iv 58....... ) Dia demikian dikatakan telah mencintai penyair Pindar, dan telah dinyanyikan dan menari lagu lirik nya, dengan imbalan yang Pindar didirikan kepadanya tempat kudus di depan rumahnya. (Pind. Pyth iii 139, dengan schol,...... Plut Bil 4) Pan, seperti dewa lainnya yang berdiam di hutan, ini ditakuti oleh wisatawan kepada siapa ia kadang-kadang muncul, dan siapa dia terkejut dengan kekaguman mendadak atau teror. (Eurip. Rhes. 36.) Jadi ketika Pheidippides, yang Athena, dikirim ke Sparta untuk meminta bantuan melawan Persia, Pan menegurnya, dan berjanji untuk menakut-nakuti orang barbar, jika Athena akan menyembah Dia. (Herod. vi 105,....... Paus viii 54 § 5, i 28 § 4) Dia dikatakan telah memiliki suara yang hebat (Val. Flacc iii 31..), Dan dengan itu telah membuat takut Titans dalam perjuangan mereka dengan para dewa. (Eratosth. Catast. 27.) Tampaknya fitur ini, yaitu, kecintaannya kebisingan dan kerusuhan, adalah penyebab keberadaannya dianggap sebagai menteri dan pendamping dari Cybele dan Dionysus. (. Val. Flacc iii 47,.. Pind Fragm 63, ed Boeckh,..... Lucian, deor Dial 22) Dia pada saat yang sama diyakini memiliki kekuatan kenabian, dan bahkan telah memerintahkan Apollo dalam seni. (Apollod. i 4. § 1.). Sementara berkeliaran di hutan, ia jatuh cinta dengan Echo, oleh siapa atau Peitho ia menjadi ayah dari Iynx. Cintanya Syrinx, setelah jang bernama serulingnya, terkenal dari Ovid (Met. i 691, & c;.. Comp Serv Virg iklan Eclog ii 31;..... Dan sekitar nya amours melihat Georg iii lainnya.. 391,. Macrob Sat ay 22).. Fir-pohon yang kudus baginya, sebagai nimfa Pitys, dikasihi, telah bermetamorfosis menjadi pohon yang (Propert. i. 18. 20), dan pengorbanan yang ditawarkan kepadanya terdiri dari sapi, domba jantan, anak domba, susu, dan madu. (Theocrit. ay 58;...... Anthol Pa la t ii 630, 697, vi 96, 239, 59 vii) Pengorbanan itu juga ditawarkan kepadanya kesamaan dengan Dionysus dan nimfa. (Ii Paus. 24 § 7;...... Anthol Palat vi 154) Berbagai julukan yang diberikan kepadanya oleh para penyair mengacu kepada penampilan tunggal nya, atau berasal dari nama-nama tempat di mana ia dipuja . Suaka dan kuil-kuil dewa ini sering disebutkan, terutama di Arcadia, pada Heraea, pada nomian bukit dekat Lycosura, di gunung Parthenius (Paus. viii. 26. § 2, 38. § 8, 54. § 5), di Megalopolis (viii. 30. § 2, iii. 31. § 1), dekat Acacesium, di mana api abadi menyala di pelipisnya, dan di mana pada saat yang sama ada sebuah ramalan kuno, di mana nimfa Erato telah menjadi miliknya pendeta (viii. 37. § 8, & c.), di Troezene (ii. 32. § 5), pada sumur Eresinus, antara Argos dan Tegea (ii. 24. § 7), di Sicyon ii. 10. § 2), di Oropus (i. 34 § 2), di Athena (i. 28 § 4;...... Herodes vi 105), dekat Marathon (i. 32 di fin), di Pulau Psyttaleia ( i 36 § 2;.... Aeschyl Pers 448), dalam Corycian gua dekat gunung Parnassus (X. 32 § 5), dan pada Homala di Thessaly.. (Vii Theocrit.. 103.)
Bangsa Romawi diidentifikasi dengan Pan Inuus tuhan mereka sendiri, dan kadang-kadang juga Faunus. Menghormati jamak (Panes) atau makhluk dengan kaki kambing, lihat Satyri. Dalam karya seni Pan diwakili sebagai makhluk menggairahkan dan sensual, dengan tanduk, keping-hidung, dan kaki kambing, kadang-kadang dalam tindakan menari, dan kadang-kadang bermain di syrinx.
Dewa adalah pecinta nimfa, yang umumnya melarikan diri dari uang muka. Syrinx berlari dan berubah menjadi rumpun buluh, dari mana dewa dibuat terkenal pan-pipa. Pitys melarikan diri dan berubah menjadi cemara gunung, dewa sakral pohon. Ekho menolak kemajuan dan memudar tertinggal hanya suaranya untuk mengulang selamanya tangisan gunung dewa.
Pan digambarkan sebagai seorang pria dengan tanduk, kaki dan ekor kambing, dan dengan jenggot tebal, hidung pesek dan telinga runcing. Ia sering muncul dalam rombongan Dionysos bersama para dewa pedesaan lainnya. Yunani di zaman klasik terkait namanya dengan pan kata yang berarti "semua". Namun, asal-usul sebenarnya terletak pada kata Arkadian tua untuk pedesaan.
Pan sering diidentifikasi dengan dewa pedesaan serupa lainnya seperti Aristaios , gembala-dewa Yunani utara, yang seperti Pan berjudul baik Agreus (pemburu) dan Nomios (gembala), serta dengan pipa-bermain Frigia satir Marsyas , dan Aigipan , dewa kambing-ikan konstelasi Capricorn. Terkadang Pan dikalikan ke sejumlah Panes , atau triad bernama Agreus , Nomios , dan Phorbas.
PAN (Pan), dewa besar kambing domba dan gembala antara rakyat Yunani, namanya mungkin berhubungan dengan kata kerja PAO. Lat. Pasco, sehingga nama dan karakter yang sempurna sesuai dengan satu sama lain. Spekulasi kemudian, yang menurut Pan sama ke dalam panci, atau alam semesta, dan dewa simbol alam semesta, tidak dapat dipertimbangkan di sini. Dia digambarkan sebagai putra Hermes oleh putri Dryops (Hom. Hymn vii 34..), Oleh Callisto (Schol. ad Theocr i 3..), Oleh Oeneis atau Thymbris (Apollod. i 4 § 1..; .. schol ad Theocrit lc), atau sebagai putra Hermes oleh Penelope, yang dewa dikunjungi dalam bentuk seekor domba jantan (Herod. ii 145,.. schol ad Theocrit i 123;.... Serv iklan Aen ii. 43), atau Penelope oleh Odysseus, atau oleh semua pelamar yang sama. (. Serv. ad Virg Georg i 16,.. Schol iklan Lycoph 766,...... Schol ad Theocrit i 3) Beberapa lagi memanggilnya anak Aether dan Oeneis, atau Nereid, atau putra Uranus dan Ge. (Schol. ad Theocrit i 123;.... Ad Lycoph lc schol) Dari nya menjadi cucu atau cicit dari Cronos, ia disebut Kronios. (Eurip. Rhes. 36.) Dia sejak lahir dengan sempurna dikembangkan, dan memiliki penampilan yang sama seperti setelah itu, yaitu, ia memiliki tanduknya, jenggot, hidung keping, ekor, kaki kambing, dan ditutupi dengan rambut, sehingga bahwa ibunya lari dengan ketakutan saat melihatnya, tetapi Hermes membawanya ke Olympus, di mana semua (pantes) para dewa senang dengan dia, dan terutama Dionysus. (. Hom. Hymn vii 36, & c;...... Comp Sil Ital xiii 332,... Lucian, deor Dial 22) Ia dibesarkan oleh nimfa. (Viii Paus.. 30. § 2.)
Kursi utama ibadah nya Arcadia dan dari situ namanya dan ibadahnya kemudian tersebar di bagian lain dari Yunani, dan di Athena ibadahnya adalah tidak diperkenalkan sampai saat pertempuran Marathon. (Viii Paus. 26 § 2;..... Virg Eclog x 26,.. Pind Frag 63, ed Boeckh,..... Herodes ii 145) Dalam Arcadia ia adalah dewa hutan, padang rumput, ternak, dan gembala, dan diam di gua-gua (Eurip. Ion, 501,... Ov Met xiv 515), berjalan di puncak gunung dan batu, dan di lembah, baik menghibur diri dengan mengejar, atau memimpin tarian dari nimfa. (Aeschyl. Pers 448,.... Hom Hymn vii 6, 13, 20,.... Paus viii 42 § 2) Sebagai dewa ternak, baik dari hewan liar dan jinak, itu provinsinya untuk meningkatkan mereka dan menjaga mereka (Hom. Hymn vii 5;... Paus viii 38 § 8;.. Ov Cepat ii 271, 277,...... Virg Eclog i 33), tetapi ia juga seorang pemburu, dan pemburu berutang mereka Keberhasilan dia, yang pada saat yang sama mungkin mencegah mereka menjadi sukses. (Hesych. sv Agreus.) Dalam pemburu Arcadia digunakan untuk momok patung, jika mereka diburu sia-sia (Theocrit. vii 107.), Selama panas pertengahan hari ia gunakan untuk tidur, dan sangat marah ketika satu pun mengganggunya. (Theocrit. i. 16.) Sebagai dewa ternak, lebah juga berada di bawah perlindungan-Nya, serta pantai di mana nelayan dibawa mengejar mereka. (Theocrit. ay 15;..... Anthol Palat vi 239, x 10) Sebagai dewa dari setiap hal yang berhubungan dengan kehidupan pastoral, ia menyukai musik, dan penemu syrinx atau seruling gembala, yang dia sendiri dimainkan secara mengagumkan, dan di mana ia memerintahkan orang lain juga, seperti Daphnis. Virg iklan Serv Eclog ay 20;. (Hom. Hymn vii 15;. Theocrit i 3;..... Anthol Palat ix 237, x 11,.. Virg Eclog i 32, iv 58....... ) Dia demikian dikatakan telah mencintai penyair Pindar, dan telah dinyanyikan dan menari lagu lirik nya, dengan imbalan yang Pindar didirikan kepadanya tempat kudus di depan rumahnya. (Pind. Pyth iii 139, dengan schol,...... Plut Bil 4) Pan, seperti dewa lainnya yang berdiam di hutan, ini ditakuti oleh wisatawan kepada siapa ia kadang-kadang muncul, dan siapa dia terkejut dengan kekaguman mendadak atau teror. (Eurip. Rhes. 36.) Jadi ketika Pheidippides, yang Athena, dikirim ke Sparta untuk meminta bantuan melawan Persia, Pan menegurnya, dan berjanji untuk menakut-nakuti orang barbar, jika Athena akan menyembah Dia. (Herod. vi 105,....... Paus viii 54 § 5, i 28 § 4) Dia dikatakan telah memiliki suara yang hebat (Val. Flacc iii 31..), Dan dengan itu telah membuat takut Titans dalam perjuangan mereka dengan para dewa. (Eratosth. Catast. 27.) Tampaknya fitur ini, yaitu, kecintaannya kebisingan dan kerusuhan, adalah penyebab keberadaannya dianggap sebagai menteri dan pendamping dari Cybele dan Dionysus. (. Val. Flacc iii 47,.. Pind Fragm 63, ed Boeckh,..... Lucian, deor Dial 22) Dia pada saat yang sama diyakini memiliki kekuatan kenabian, dan bahkan telah memerintahkan Apollo dalam seni. (Apollod. i 4. § 1.). Sementara berkeliaran di hutan, ia jatuh cinta dengan Echo, oleh siapa atau Peitho ia menjadi ayah dari Iynx. Cintanya Syrinx, setelah jang bernama serulingnya, terkenal dari Ovid (Met. i 691, & c;.. Comp Serv Virg iklan Eclog ii 31;..... Dan sekitar nya amours melihat Georg iii lainnya.. 391,. Macrob Sat ay 22).. Fir-pohon yang kudus baginya, sebagai nimfa Pitys, dikasihi, telah bermetamorfosis menjadi pohon yang (Propert. i. 18. 20), dan pengorbanan yang ditawarkan kepadanya terdiri dari sapi, domba jantan, anak domba, susu, dan madu. (Theocrit. ay 58;...... Anthol Pa la t ii 630, 697, vi 96, 239, 59 vii) Pengorbanan itu juga ditawarkan kepadanya kesamaan dengan Dionysus dan nimfa. (Ii Paus. 24 § 7;...... Anthol Palat vi 154) Berbagai julukan yang diberikan kepadanya oleh para penyair mengacu kepada penampilan tunggal nya, atau berasal dari nama-nama tempat di mana ia dipuja . Suaka dan kuil-kuil dewa ini sering disebutkan, terutama di Arcadia, pada Heraea, pada nomian bukit dekat Lycosura, di gunung Parthenius (Paus. viii. 26. § 2, 38. § 8, 54. § 5), di Megalopolis (viii. 30. § 2, iii. 31. § 1), dekat Acacesium, di mana api abadi menyala di pelipisnya, dan di mana pada saat yang sama ada sebuah ramalan kuno, di mana nimfa Erato telah menjadi miliknya pendeta (viii. 37. § 8, & c.), di Troezene (ii. 32. § 5), pada sumur Eresinus, antara Argos dan Tegea (ii. 24. § 7), di Sicyon ii. 10. § 2), di Oropus (i. 34 § 2), di Athena (i. 28 § 4;...... Herodes vi 105), dekat Marathon (i. 32 di fin), di Pulau Psyttaleia ( i 36 § 2;.... Aeschyl Pers 448), dalam Corycian gua dekat gunung Parnassus (X. 32 § 5), dan pada Homala di Thessaly.. (Vii Theocrit.. 103.)
Bangsa Romawi diidentifikasi dengan Pan Inuus tuhan mereka sendiri, dan kadang-kadang juga Faunus. Menghormati jamak (Panes) atau makhluk dengan kaki kambing, lihat Satyri. Dalam karya seni Pan diwakili sebagai makhluk menggairahkan dan sensual, dengan tanduk, keping-hidung, dan kaki kambing, kadang-kadang dalam tindakan menari, dan kadang-kadang bermain di syrinx.
No comments:
Post a Comment