EROS adalah nakal dewa cinta, kekasih dan teman setia dari dewi Aphrodite .
Penyair Hesiod pertama mewakili dirinya sebagai kosmik yang muncul sendiri lahir di awal waktu untuk memacu prokreasi. Penyair yang sama kemudian menjelaskan dua cinta-dewa, Eros dan Himeros (Desire), mendampingi Aphrodite saat lahir dari laut-busa. Beberapa penulis klasik mengartikan ini mereka lahir dari dewi saat lahir, atau di sampingnya di laut-busa. Adegan itu khususnya populer dalam seni, di mana bergetar pasangan sekitar dewi duduk dalam dirinya mengambang Keong-shell.
Akhirnya Eros dikalikan dengan penyair dan seniman kuno ke sejumlah Erotes atau Cupids, seperti yang biasa disebut dalam bahasa Inggris. Yang Eros, bagaimanapun, tetap berbeda dalam mitos. Dialah yang menyalakan api cinta di hati para dewa dan manusia, dipersenjatai baik dengan busur dan anak panah atau obor menyala. Dia juga obyek pemujaan. Eros sering digambarkan sebagai seorang anak, yang tidak taat, tapi sangat setia, putra Aphrodite.
Dalam lukisan vas kuno Eros digambarkan sebagai salah seorang pemuda tampan atau sebagai seorang anak. Atribut-Nya yang bervariasi: dari busur dan panah biasa, dengan karunia kekasih - kelinci, selempang, atau bunga. Pematung disukai citra anak busur-bersenjata, sementara seniman mosaik disukai sosok bersayap putto (bayi gemuk).
EROS (eros), dalam bahasa Latin, AMOR atau CUPI'DO, dewa cinta. Dalam arti di mana ia biasanya dipahami, Eros adalah makhluk dari penyair Yunani kemudian, dan dalam rangka untuk memahami dahulu benar kita harus membedakan tiga Erotes: yaitu. Eros dari cosmogonies kuno, Eros para filsuf dan misteri, yang mempunyai kemiripan besar untuk yang pertama, dan Eros yang kita bertemu dengan di penyair berkenaan dgn epigram dan erotis, yang cerdas dan lucu deskripsi dewa, bagaimanapun, bisa hampir dianggap sebagai bagian dari keyakinan agama kuno dari Yunani. Homer tidak menyebutkan Eros, dan Hesiod, penulis awal yang menyebutkan dia, menggambarkan dia sebagai kosmogonik Eros. Pertama, kata Hesiod (Theog. 120, & c.), Ada Chaos, kemudian datang Ge, Tartarus, dan Eros, yang paling adil di antara para dewa, yang memerintah atas pikiran dan dewan para dewa dan manusia. Dalam akun ini kita sudah merasakan kombinasi yang paling kuno dengan gagasan kemudian.
Penyair Hesiod pertama mewakili dirinya sebagai kosmik yang muncul sendiri lahir di awal waktu untuk memacu prokreasi. Penyair yang sama kemudian menjelaskan dua cinta-dewa, Eros dan Himeros (Desire), mendampingi Aphrodite saat lahir dari laut-busa. Beberapa penulis klasik mengartikan ini mereka lahir dari dewi saat lahir, atau di sampingnya di laut-busa. Adegan itu khususnya populer dalam seni, di mana bergetar pasangan sekitar dewi duduk dalam dirinya mengambang Keong-shell.
Akhirnya Eros dikalikan dengan penyair dan seniman kuno ke sejumlah Erotes atau Cupids, seperti yang biasa disebut dalam bahasa Inggris. Yang Eros, bagaimanapun, tetap berbeda dalam mitos. Dialah yang menyalakan api cinta di hati para dewa dan manusia, dipersenjatai baik dengan busur dan anak panah atau obor menyala. Dia juga obyek pemujaan. Eros sering digambarkan sebagai seorang anak, yang tidak taat, tapi sangat setia, putra Aphrodite.
Dalam lukisan vas kuno Eros digambarkan sebagai salah seorang pemuda tampan atau sebagai seorang anak. Atribut-Nya yang bervariasi: dari busur dan panah biasa, dengan karunia kekasih - kelinci, selempang, atau bunga. Pematung disukai citra anak busur-bersenjata, sementara seniman mosaik disukai sosok bersayap putto (bayi gemuk).
EROS (eros), dalam bahasa Latin, AMOR atau CUPI'DO, dewa cinta. Dalam arti di mana ia biasanya dipahami, Eros adalah makhluk dari penyair Yunani kemudian, dan dalam rangka untuk memahami dahulu benar kita harus membedakan tiga Erotes: yaitu. Eros dari cosmogonies kuno, Eros para filsuf dan misteri, yang mempunyai kemiripan besar untuk yang pertama, dan Eros yang kita bertemu dengan di penyair berkenaan dgn epigram dan erotis, yang cerdas dan lucu deskripsi dewa, bagaimanapun, bisa hampir dianggap sebagai bagian dari keyakinan agama kuno dari Yunani. Homer tidak menyebutkan Eros, dan Hesiod, penulis awal yang menyebutkan dia, menggambarkan dia sebagai kosmogonik Eros. Pertama, kata Hesiod (Theog. 120, & c.), Ada Chaos, kemudian datang Ge, Tartarus, dan Eros, yang paling adil di antara para dewa, yang memerintah atas pikiran dan dewan para dewa dan manusia. Dalam akun ini kita sudah merasakan kombinasi yang paling kuno dengan gagasan kemudian.
Menurut mantan, Eros adalah salah satu penyebab mendasar dalam
pembentukan dunia, karena ia adalah kekuatan menyatukan cinta, yang
membawa ketertiban dan kerukunan antar elemen yang saling bertentangan
yang terdiri Chaos. Dalam arti metafisik yang sama ia dikandung oleh Aristoteles (Metaph. i 4.), Dan juga dalam puisi Orphic (Orph. Hymn 5;.... Comp Aristoph Av 695) dia digambarkan sebagai yang pertama dari para dewa, yang melompat dari telur dunia. Dalam Plato Simposium (hal. 178, b) ia juga disebut tertua dari para dewa.
Hal ini cukup sesuai dengan pengertian tentang kosmogonik Eros, yang ia
digambarkan sebagai putra Cronos dan Ge, dari Eileithyia, atau sebagai
dewa yang tidak memiliki keturunan, dan muncul sendiri.
(Paus. c. 27 ix..) Eros penyair kemudian, di sisi lain, yang
memunculkan gagasan itu dari dewa yang paling akrab bagi kita, adalah
salah satu yang termuda dari semua dewa. (Paus. lc,..... Cic de deor iii Nat
23) The usul dari Eros kedua sangat berbeda dijelaskan, karena ia
disebut anak Aphrodite (baik Aphrodite Urania atau Aphrodite Pandemos),
atau Polymnia, atau putra Porus dan Penia, yang diperanakkan pada hari
ulang tahun Aphrodite. (Plat. lc,...... Sext Emp adv Matematika
i 540) Menurut silsilah lainnya, sekali lagi, Eros adalah putra Hermes
oleh Artemis atau Aphrodite, atau Ares oleh Aphrodite (Cic. de Nat deor iii.. 23), atau Zephyrus dan Iris (Plut. Amal 20,..... Eustath ad Hom p 555), atau, terakhir, putra Zeus oleh putrinya sendiri Aphrodite, sehingga Zeus sekaligus ayah dan kakeknya . (Virg. Cir.
134.) Eros dalam tahap ini selalu dipahami dan selalu direpresentasikan
sebagai seorang pemuda tampan, dan tidak sampai sekitar setelah masa
Alexander Agung yang Eros diwakili oleh epigrammatists dan penyair
erotis sebagai nakal anak, di antaranya seribu trik dan kejam olahraga
terkait, dan dari siapa pun dewa atau laki-laki yang aman.
Dia biasanya digambarkan sebagai putra Aphrodite, tetapi sebagai cinta
menemukan jalan ke dalam hati manusia dengan cara yang tidak ada yang
tahu, kadang-kadang para penyair menggambarkan dia sebagai asal tidak
diketahui (. Theocrit. xiii 2), atau mereka mengatakan bahwa ia memang
seorang ibu, tapi tidak ayah. (.. Meleagr. Epigr
50) Pada tahap ini Eros tidak ada hubungannya dengan menyatukan elemen
sumbang alam semesta, atau simpati yang lebih tinggi atau cinta yang
mengikat umat manusia bersama-sama, tetapi ia adalah murni dewa cinta
sensual, yang menanggung bergoyang atas penduduk Olympus serta lebih
dari laki-laki dan semua makhluk hidup: dia menjinakkan singa dan
harimau, istirahat petir Zeus, Heracles merampas senjata, dan
menjalankan olahraga dengan monster laut. (Vi 10 Mosch Idyll,,.. Theocrit iii 15 Orph. Hymn 57;.. Virg Eclog x 29......)
Tangan-Nya, yang terdiri dari anak panah, yang ia membawa di bergetar
emas, dan obor, tidak ada seseorang dapat menyentuh dengan impunitas. (....... Mosch. Idyll vi, Theocrit xxiii 4; Ov Trist
v 1, 22) panah Nya kekuasaan yang berbeda: beberapa emas, dan
menyalakan cinta di jantung mereka luka, yang lainnya adalah tumpul dan
berat dengan timbal, dan menghasilkan keengganan untuk kekasih. (Ov. Met i 468,... Eurip Iphig Aul 548...) Eros selanjutnya diwakili dengan sayap emas, dan sebagai berkibar sekitar seperti burung. (Comp. ad Hom. P Eustath.. 987.) Matanya kadang tertutup, sehingga ia bertindak membabi buta.
(Theocrit. x. 20.) Dia adalah teman biasa ibunya Aphrodite, dan penyair
dan seniman mewakilinya, apalagi, seperti yang disertai dengan makhluk
alegoris seperti Pothos, Himeros, Dionysus, Tyche, Peitho, para Charites
atau Muses. (Pind. Ol i 41;... Anacr xxxiii 8;. Hesiod, Theog 201,.. Paus vi 24 § 5, vii 26 § 3, i 43 § 6.......) Patung-Nya dan bahwa Hermes biasanya berdiri di gymnasia Yunani. (. Athen. xiii p 551,.... Eustath ad Hom p 1596.) Kita harus terutama melihat hubungan dari Eros dengan Anteros, dengan mana orang-orang biasanya menghubungkan gagasan "Cinta kembali." Tapi awalnya Anteros adalah yang bertentangan dengan Eros, dan berperang melawan dia. (..... 23 § 4 Paus. i 30 § 1, vi) konflik ini, bagaimanapun, juga dipahami sebagai persaingan yang ada antara dua kekasih, dan anteros sesuai menghukum mereka yang tidak mengembalikan cinta orang lain; sehingga dia adalah balas dendam Eros, atau deus Ultor (Paus. i 30 § 1;..... Met xiii Ov 750, & c;..... Plat Phaedr p 255, d). Jumlah Erotes (Amores dan Cupidines) yang main-main diperpanjang ad libitum oleh penyair kemudian, dan Erotes ini digambarkan baik sebagai putra Aphrodite atau nimfa. Di antara tempat yang dibedakan untuk ibadah mereka Eros, Thespiae di Boeotia berdiri terkemuka: ada ibadahnya sangat kuno, dan representasi lama dewa adalah batu kasar (.. Paus. ix 27 § 1), yang di kemudian hari Namun, karya-karya yang paling indah seni yang ditambahkan. (Eustath. ad Hom. Hal. 266.) Pada Thespiae festival limatahunan, yang Erotidia atau Erotia, dirayakan untuk menghormati dewa. (Paus. lc,.... Athen xiii p 561) Selain Sparta, Samos, dan Parion di Hellespont, ia juga dipuja di Athena, di mana ia memiliki sebuah mezbah di pintu masuk Akademi. (Paus. i. 30. § 1.) Pada Megara patungnya, bersama-sama dengan orang-orang Himeros dan Pothos, berdiri di kuil Aphrodite. (Paus. i. 43. § 6, comp. Iii. 26. § 3, vi. 24. § 5, vii. 26. § 3.) Antara hal-hal sakral bagi Eros, dan yang sering muncul dengan dia dalam karya seni, kita dapat menyebutkan mawar, binatang buas yang dijinakkan oleh dia, kelinci, ayam, dan domba jantan. Eros adalah subjek favorit dengan statuaries kuno, tetapi representasinya tampaknya telah dibawa ke kesempurnaan oleh Praxiteles, yang mengandungnya sebagai pemuda penuh tumbuh dari keindahan yang paling sempurna. (. Lucian, Am ii 17;.... Plin HN xxxvi 4, 5) Dalam nanti kali seniman mengikuti contoh dari penyair, dan mewakili dia sebagai seorang anak kecil. |
No comments:
Post a Comment