Wednesday, 27 November 2013

Tips dan Trik Lengkap Bermain Harvestmon Wonderfull Life

Game Harvest Moon ini adalah game yang bebas, maka hanya diberikan beberapa tips yang mungkin berguna. Keseluruhan game ada 6 Chapter yang totalnya adalah 10 tahun dengan perincian satu tahun ada 4 musim dan satu musim ada 10 hari. Perlu diperhatikan juga kalau waktu dalam Harvest Moon kali ini tetap berjalan walaupun kamu berada dalam rumah ataupun kandang ternak, hanya melatih anjing saja waktu akan berhenti jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya.




INFO KESUKAAN PENDUDUK :

Takakura: masakan rumah dan susu
Tim: ikan,masakan rumah, dan sayur-sayuran
Ruby: bunga,susu,mentega,permata,dan masakan rumah
Rock:bunga mist moon
Nami: bunga trick blue, horse statue, curry dish,human statue, dan tengkorak(skull fosill
Griffin: bunga trick blue,koin, telur
Muffy: bunga, susu,koin,dan permata (ore)
Galen:ikan,sayur-sayuran, buah-buahan dan masakan rumah.
Nina:bunga
Dr.hardy: ikan, koin, dan fosil
Grant:susu, telur, dan ikan
Samantha: bunga, susu, dan sayuran
Kate: bunga, koin, dan permata
Wally: telur,susu,ikan, dan koin
Chris: bunga,susu, dan buah-buahan
Hugh: susu, koin, permata,dan ice cream
Romana: bunga, koin emas,permata, susu, dan buah-buhan
Sebastian: koin emas, fosil, dan masakan rumah
Lumina: bunga, permata
Darly: ikan,telur, keju, koin, dan tulang
Kassey dan patrick: bunga, ikan, permata,dan susu
Cody: bunga, telur, fosil, dan permata
Gustafa: bunga, koin,patung, permata dan masakan kari
Vesta: bunga,susu, sayuran, buah-buhan, masakan kari(curry dish)
Marlin: sayuran,susu,telur dan makanan
Celia: bunga,telur, buah, sayuran,koin dan permata
Carter: susu,ikan, buah-buahan, sayuran, dan keju
Flora: ikan, keju, mentega,fosil dan patung
Mukumuku: bunga, ikan, dan telur

SEMUA HADIAH YANG BISA KITA DAPAT DARI PENDUDUK:


Strange Hoe
berteman dahulu dengan tim kasih aja tim susu,masakan rumah,sayuran dan buah-buaha
pergi ke kamarnya tim di lantai1 pada pukul 07.00am
dan anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3.
dalam satu hit total 5 unit di garap tanah.

Weird Hoe
berteman dahulu dengan vesta kasih aja vest bunga.
pergi ke ruang penyimpanan,di pingir rumah vesta, ketika marlin tidak ada
sekitar pukul 10:50am atau 02.30pm
anda harus mempunyai lapangan besar/lahan ke 3
dan anda juga memerlukan cangkul aneh pertama dari tim
untuk 3x3 sepetak tanah dlm satu hit (jumlah total 9 unit meng garap tanah)

Watering Can W
berteman dahulu dengan romana kasih aja romana bunga,permata
setelah itu kamu pergi ke kamar romana pukul 00.00pm (siang hari)
dan anda harus memiliki lapangan besar/lahan ke 3
menyiram 3x3 sepetak tanah dalam satu siraman (jumlah total 9 unit)

Strange Sickle
berteman dahulu dengan cody caranya kasih aja cody bunga fosil
setelah itu kamu masuk ke rumah cody pukul 09.00am
anda harus mempunyai rumput di padang rumput tapi jangan di potong terlebih dahulu.
memotong rumput 3x3 dalam satu hit (jumlah total 9 unit)

Weird Sickle
berteman dahulu dengan dr hardy kasih dia fosil
pergi ke rumah dr hardy pukul 01.30pm atau 05.00pm
anda memerlukan sabit aneh pertama dari cody
memotong rumput dlm satu hit total 5 unit.

Clippers
berteman dahulu dengan wally kasih aja wally susu,telur,dan coin emas
masuk ke rumah wally ketika ia pulang.

Jam Weecker ( Weker )
Pada tahun ke 2 kamu pergi ke rumah Grant pada pukul 05.00am

grant akan menawarkan jam weker itu pada anda. Dengan menjawab ya, anda akan diberikan jam weker itu. Setelah itu jam weker tadi akan tersimpan otomatis di samping tempat tidur anda dan bisa diatur.

Ruby Space
berteman dahulu dengan ruby caranya kasih uby bung setiap hari klo sudah entar di tahun ke 2/3 kamu masuk ke dafur penginapan inner in pada pikul 02.30am dan cut scen pun terjadi.
Samantha dan nina:mereka hanya memberikan resep masakan


Seed Maker
berteman dengan daryl dan Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Dia akan mengeluh soal idenya tentang seed maker yang sudah dibuat di kota. Jika kalian belum memiliki seed maker, maka Daryl akan memberikan seed maker nya pada kalian untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali

Fishing pole
Berteman terlebih dahulu dngn galen caranya kasih aja galen sayuran, ikan atau pun masakan rumah.
Setelah itu entar di tahun ke 3 kamu masuk kerumah galen pada pukul 08.00am dan langsung talk sama galennya langsung.
Entar galen memberi mu pertanyaan: "Do you like fishing" jawab aja "yes".


Tartan
Tartan akan datang atau lebih tepatnya akan kamu dapatkan pada tahun ke 2.
Klo bulan dan tanggal itu bebas asalkan kamu sudah berteman terlebih dahulu dengan takakura caranya kasih takakura masakan rumah ataupun susu.
Bila sudah kamu pesanlah barang contoh:bird fooder, tools (alat untuk berkebun) dll. Atau bisa juga menjual barang contoh susu, telur, sayuran, dan buah-buahan.
(Smuanya harus di food storage/bangunan yang tinggi di pinggir rmh takakura)
Sebelum pukul 05.00am (subuh) klo sudah kamu masuk ke rumah takakura pukul 09.00pm (malam hari) dan cut scen pun terjadi di dalam rumah takakura.

Cara Menghybrid Dan Resep Tanaman ( Tartan ) :
1. kamu masuk ke rumah takakura
2. talk langsung kepada tartan entar tartan memberikan 2 pilihan
1. I want to analze
2. I want to talk
3. terus kamu pilih talk sebanyak-banyaknya
4. terus tartan akan memberi mu pilihan hybrid
5. sekarang kamu bisa menghybrid 2 benih tanaman yg berbeda.

Saya punya masukan kpd anda (bila mau menghybrid benih tanaman kamu harus talk dulu sma tartan sebanyak 3x biar succes menghybrid nya)


1. Hybrid Crops
Gretoma --> Tomato + Watermelon (Spring-Fall)
Berrytoma --> Tomato + Strawberry (Spring-Fall)
Melotoma --> Tomato + Melon (Spring-Fall)
Berryber --> Watermelon + Strawberry (Spring-Summer)
Melober --> Watermelon + Melon (Spring-Summer)
Berrylon --> Melon + Strawberry (Fall-Spring)
Radita --> Turnip + Potato (Winter-Summer)
Cady --> Turnip + Carrot (Winter-Summer)
Kandy --> Turnip + Yam (Winter-Summer)
Tataro --> Potato + Carrot (Winter-Summer)
Bashota --> Potato + Yam (Winter-Summer)
Kanro --> Yam + Carrot (Summer-Fall)
Trady --> Turnip + Tomato (Spring-Fall)
Tobatama --> Potato + Tomato (Spring-Fall)
Tomaca --> Carrot + Tomato (Spring-Fall)
Yamato --> Yam + Tomato (Spring-Fall)
Raury --> Turnip + Watermelon (Spring-Summer)
Bashber --> Potato + Watermelon (Spring-Summer)
Cabber --> Carrot + Watermelon (Spring-Summer)
Kashry --> Yam + Watermelon (Spring-Summer)
Dhibe --> Strawberry + Turnip (Fall-Spring)
Paberryta --> Strawberry + Potato (Fall-Spring)
Caberry --> Strawberry + Carrot (Fall-Spring)
Berrican --> Strawberry + Yam (Fall-Spring)
Dhilon --> Turnip + Melon (Summer-Fall)
Potamelo --> Potato + Melon (Summer-Fall)
Camelo --> Carrot + Melon (Summer-Fall)
Sholo --> Yam + Melon (Summer-Fall)

2. Hybrid Trees
Appage --> Banana + Apple
Gehju --> Banana + Grape
Jurum --> Peach + Grape
Lanmuge --> Peach + Orange
Magerum --> Peach + Banana
Magenge --> Orange + Banana
Orahge --> Orange + Gehju
Oraphu --> Orange + Apple
Phuju --> Apple + Grape
Phurum --> Apple + Peach

3. Rare Crop (RC)
RC 01 --> Cabber + Raury (Spring)
Rc 02 --> Gretoma + Berrylon (Spring)
RC 03 --> Tomaca + Melotoma (Summer)
RC 04 --> Bashb



Record:
-spring song_bila udah brtmn dng van... maka record spring song akan ada di shop dia dari tahun ke2 dan seterusnya
-town spirit_brtmn dngn sebastia.... masuk kekamarnya pada jam 05.00am and talk ke dia(mungkin harus udah lht cs tentang foto romana wkt masih muda...) Dari tahun ke 1 winter dan seterusnya
-flowerbud fall_brtmn dng rock.... usahakan ksh brg kesukaanya setiap hari.... masuk ke kamarnya jam 00.00pm (12 siank)... [sebelum talk ke dia kasih dia brg terlebih dahulu] dari tahun ke 4 dst
-64 memories_ kalahkan kassey/patrick dlm mini game puzzle sbnyak 10x
-marine jazz_ brtmn dng griffin... masuk ke kamarnya pada jam 10.00am atau 02.00pm
-butterfly_brtmn dngn marlin... pd tanggal 3 dan 8 pergilah ke dekat air terjun dekat tenda carter pd jam 09.00am and talk ke marlin
-winter hm_brtmn dng kate... masuk ke lantai atas rumahnya pd jam 6 pagi dan talk langsung ke dia
-HMAWL SE_brtmn dng hugh.... masuk ke kamarnya pd jam 06.00am and talk ke dia
-summer memories_brtmn dgn carter... pd tggl 3 dan 8 pergi ke pantai pd jam 02.00pm atau 03.00pm and talk langsung ke dia
-joy of fall_ brtmn dng mukumuku... pergi ke hutan spring (di dkt rumah harvest sprites) and talk aja ke dianya langsung.... 1hari dapat 1 record (selama musim dingin saja)
-the bride_ brtmn dngn chris.... and talk ke dia waktu dia lagi di luar atau di dalam rumahnya....

note: bila ingin mendapatkan smua record itu.... sbelum talk ke chart yang bakal ngasih record ke kita.... sebaiknya kasih mereka brg kesukaanya terlebih dahulu....

KARIR ANAK/SKILL ANAK

Karir anak merupakan hal penting yang harus kamu kembangkan. Kemampuan Karir tergantung dari berteman dengan benar, memberikan hadiah yang benar, serta memberikan mainan yang benar. Selain itu kamu bisa menunjukkan ankmu pada setiap orang, untuk yang berkomentar baik tentang anakmu bisa kamu tinggalkan sebentar di rumahnya. Berikut sedikit penjelasan tentang karir dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan skill-nya yaitu :

Scholar/Ilmu Pengetahuan/Sarjana
Scholar adalah pengembangan minat anak terhadap ilmu pengetahuan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :

Berteman baik dengan Daryl, Carter, maupun Flora
Memberikan mainan Toy Car (mobil-mobilan) atau Blocks (puzzle)
Menunjukkan hasil penggalian berupa Ore seperti Moon Ore dan Sugar Ore
Bawa anakmu ke tempat Daryl (Scientist House) dan tempat Carter (Dig Site)
Saat Chapter 3 baca buku The Seven Wonders
Jika berteman baik dengan Flora dan Carter maka di Chapter 3 ia memberikan Necklace yang bisa kamu berikan pada anakmu.
Memerah susu sapi/kambing dengan Milker serta mencukur bulu domba dengan Electric Razor.

Plants/Tanaman/Ahli Botanis
Plants adalah mengembangkan kemampuan anakmu terhadap tumbuhan (ahli Botanis gitu deh). Hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minatnya yaitu :
Menunjukkan Bunga, Hasil panen, tanaman liar, Bibit (Seed)

Berteman baik dengan Celia, Vesta, dan Marlin
Bawa anakmu ke Vesta’s Farm atau cukup tinggalkan di tanah pertanianmu sendiri.
Sesering mungkin membeli pupuk/fertilizer dan menggunakannya pada rumput ataupun tanaman
Menanami ladang dengan banyak pohon buah maupun tanaman sayuran

Animals/Hewan
Animal adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap hewan (mungkin untuk menjadi Peternak atau Dokter Hewan???). Hal yang bisa menaikkan minatnya yaitu:

Menunjukkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan sebagainya
Menunjukkan bayi atau anak sapi (Cattle), serta Ayam (Chickens)
Bawa anakmu ke Barn dan Chicken Coop di tanah pertanianmu
Membaca buku ‘I love Pets!”
Memerah susu sapi/kambing dengan tangan dan gunakan Wool Shears (pencukur biasa) pada dombamu atau gunakan Milking Room saja.
Menerima Kucing dari Romana serta berteman baik dengan Romana

Artist/Seniman
Artist adalah kemampuan anakmu terhadap hal-hal yang berhubungan dengan seni termasuk melukis maupun memahat. Hal yang bisa membantu mengembangkan minatnya yaitu :

Tunjukkan Moon Ore dan Sugar Ore dari hasil penggalian
Berteman baik dengan Cody, Patrick, Kassey, maupun Sebastian
Bawa anakmu ke rumah Cody (Artist’s House), rumah si kembar Patrick & Kassey (Fireworks Maker) ataupun ke Villa tempat Sebastian berada.
Tunjukkan selalu mainan Scratchpad pada anakmu
Baca buku “Colors” dalam ruangan
Jika berteman baik dengan Cody maka ia akan memberikan lukisan yang bisa kamu pasang di rumahmu ataupun kandang ayam.

Music/Musik
Music adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia musik. Anak Lumina sangat menyukai musik jadi hal-hal yang bisa mengembangkan minat musik adalah :

Berteman baik dengan Gustafa, Lumina (jika kamu tidak menikahinya), Romana, ataupun Griffin
Bawa anakmu ke tenda Gustafa (Bard’s House). Blue Bar, Inner Inn dan Villa merupakan alternatif
Dapatkan drum set dari Gustafa untuk diberikan pada anakmu saat Chapter 3, itu jika kamu berteman baik dengannya. Kamu juga bisa mendapatkan Sheet Music jika berteman baik dengan Lumina tapi bukan menikahinya lho..^^.

Athlete/Atlit/Olah Raga
Athlete adalah mengembangkan kemampuan anak terhadap dunia olahraga terutama Atletik. Hal-hal yang bisa membantu yaitu :
- Selalu menunjukan Bola/Ball biru yang dibeli dari van padanya
- Berteman baik dengan Wally dan Hugh
- Bawa anakmu ke rumah Wally
- Sering-seringlah berjalan kaki dibandingkan menunggangi kuda
- Stlh ia tumbuh lebih besar di Chapter 3 n 4 mk barang2 di kamarnya bs menunjukkan tingkat kesukaannya krn anakmu sudh mempunyai kmr sendiri.


CARA MENDAPATKAN HEWAN PELIHARAAN RAHASIA ( SECRET PETS )
  • Kura-Kura
Bertemanlah dengan Cody, dan pada suatu hari... kamu akan melihatnya bersama dengan kura-kura di Turtle Swamp. Memancinglah disana lalu Cutscene akan terjadi bahwa kamu tercebur. Lalu Cody dan kura-kura itu menolongmu. Dan di akhir tahun di Year 1, kamu akan diberi kura-kura oleh Cody. Kamu hanya bisa mendapatkan rakun di Year 1.
  • Rakun
Bertemanlah dengan Vesta dan adiknya Merlin. Setelah kamu mendapat Veggie Juice dan Weird Hoe, kamu akan diberi rakun oleh Vesta. Kamu hanya bisa mendapatkan rakun di Year 1.
  • Chihuahua
Bertemanlah dengan Carter dan dapatkan setiap tablet per tahunnya. maka, di Year 6 ia akan memberimu Chihuahua
  • Kucing
Bertemanlah dengan Romana, lalu pada Year 2, bangunlah jauh lebih siang diabandingkan istrimu, maka Cutscene akan terjadi dan Romana akan memberimu kucing.
  • Bebek
Belilah kolam di Year 1. Lalu pada musim panas di Year 2 kamu akan mendapatkan 2 bebek (jantan dan betina)
  • Anak Bebek
Anak bebek akan menetas di telur yang dierami ayammu. INGAT!!! Bebek tidak menghasilkan telur
  • Kadal
Bertemanlah dengan Muku-muku (makhluk besar yang imut yang hanya datang di musim salju). lalu pada suatu hari di musim salju, datanglah ke Spring dan Cutscene akan terjadi. Lalu setelah itu Muku-muku memberimu Kadal
  • Burung Hantu
Bertemanlah dengan semua orang tanpa terkecuali di Forget Me Not Valley. Lalu kamu akan diminta membersihkan Goddes Spring, setelah itu Harvest Sprites akan memberimu burung Hantu. Terkadang, burung hantu tersebut dapat kamu lihat di pohon besar tempat tinggal Harvest Sprites.
HARGA SETIAP IKAN YANG KITA DAPAT DARI MEMANCING

  • Huge
Huge Sharshark : 2500 g / 3000 g
Huge Yamame   : 2000 g / 2400 g
Huge Arna         : 1500 g / 1800 g
Huge Rainbob    : 500 g / 600 g
Huge Huchep     : 200 g / 240 g
Huge Colombo   : 100 g
  • Big
Big Sharshark : 1200 g / 1440 g
Big Yamame   : 1000 g / 1200 g
Big Arna         : 800 g / 960 g
Big Rainbob    : 150 g / 180 g
Big Huchep     : 170 g / 204 g
Big Nyamame : 130 g / 156 g
  •  Biasa
Sharshark : 600 g / 720 g
Yamame   : 500 g / 600 g
Arna         : 400 g / 480 g
Rainbob    : 80 g

TIPS:
  1. Untuk mendapatkan ikan jenis Sharshark, Yamame, dan Arna dibutuhkan waktu yang lama sekitar 1-2 jam di harvest moon. Dan gelombang airnya bergelombang lebih dari 6 kali dengan tempo yang lambat. Dan akan beriak 30 - 40 kali riak air
  2. Semakin lama memancing, semakin besar ikan yang didapat ( semakin cepat semakin kecil )
  3. Jualah ikanmu ke Van, jika mendapat ikan besar dia menawarkan harga awal, bilang "No". Maka ia akan menaikkan harga jualmu. Jika belum, lakukan berulang ulang sampai dia menaikkan harganya

No comments:

Post a Comment